Minggu, 25 April 2010

Biking in Barcelona……..

BIKING atau bersepeda di Barcelona dimulai pada tahun 2007,dengan kontrak yang diberikan kepada sebuah perusahaan advertising yang bernama Clear Channel. Adapun skema awalnya dioperasikan dengan 1500 sepeda dan 100 docking station. Skema ini kemudian diperluas dan sekarang telah beroperasi dengan 6000 sepeda dan 400 docking station. Pada bulan Februari 2009 telah 186.000 pengguna terdaftar, mewakili 9% dari total penduduk kota.

Untuk menggunakan sistem ini, anda harus menjadi anggota, tentunya kartu kredit sangat diperlukan dalam hal ini. Untuk menyewa satu sepeda, diperlukan the contactless card di station yang diidentifikasi oleh sistem, yang kemudian membuka sepeda. Dan untuk mengembalikan sepeda tersebut, tinggal meletakkan di slot yang ada di station.

Terkait dengan faktor keuangan/pendanaan, pemerintah kota membayar dalam jumlah tetap setiap tahun kepada Clear Channel untuk menerapkan, memelihara, mengoperasikan dan mengembangkan skema ini, sekali lagi dana tersebut bukan melalui iklan. Sebagian dana berasal dari tarif parkir on-street. Sepertiga dari biaya tersebut termasuk pendapatan dari biaya pendaftaran dan penggunaan waktu.

Permasalahan yang terjadi sehubungan dengan biking ini adalah topografi yang menyebabkan perlunya kendaraan untuk mendistribusikan sepeda; vandalism karena hampir terjadi kehilangan sepeda sekitar 600 sepeda/tahun; keberhasilan skema ini tidak seperti yang diperkirakan,hal ini menyebabkan biaya operasional menjadi lebih tinggi dan kadang-kadang sepeda tidak tersedia di beberapa lokasi.

Salah satu contoh proyek bersepeda yang gagal adalah “green bike scheme” di Cambridge yang diperkenalkan pada bulan Oktober 1993 dan menjadi kegagalan yang sangat spektakuler. Intinya adalah semacam estafet sepeda, anda menggunakan sepeda lalu berganti moda,meninggalkan sepeda pertama untuk dipergunakan oleh yang lain. Dan alhasil hampir 300 sepeda hilang pada akhir hari pertama. Skema ini akhirnya ditinggalkan.

*bersambung………

****************************************

by: imma.w.a.
Design and Planning Laboratory
Sakura-ku, Saitama-shi, Japan
April 15, 2010…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar