Minggu, 25 April 2010

EST Part-2 : Local Transportation Planning….(*Belajar dari Nottingham, Inggris…)

NOTTINGHAM adalah sebuah kota yang terletak di bagian timur Negara Inggris, dengan populasi penduduk sebesar 667.000 jiwa, merupakan daerah perkotaan terbesar ketujuh di Britania Raya. Nottingham terkenal karena hubungannya dengan legenda Robin Hood dan selama Revolusi Industri , memperoleh pengakuan di seluruh dunia dalam hal industri sepeda. Satu hal terpenting bahwa Nottingham juga merupakan salah satu kota yang berhasil dalam mengoperasikan Rencana Transportasi Lokal (LTP) dan melaksanakan skema EST.

Berkaitan dengan Rencana Transportasi Lokal, berdasarkan Undang-undang Transportasi tahun 2000 mengharuskan pihak berwenang di bidang transportasi yang paling lokal di Inggris untuk menghasilkan dan menjaga LTP. Dalam hal ini, LTP menggunakan DFT dan laporan kemajuan tahunan untuk menginformasikan keputusan pada pembiayaan modal bagi otoritas lokal, menginformasikan perkembangan kebijakan DFT pada transportasi lokal, memantau pengiriman dan target yang disampaikan melalui tindakan-tindakan pemerintah daerah.

Adapun visi daripada LTP adalah menciptakan masyarakat yang berkelanjutan yaitu membuat tempat-tempat yang sehat,aman dan menarik untuk ditinggali, adanya kesempatan untuk memperluas alternative social; menyediakan akses untuk semua yaitu mengembangkan system transportasi yang terintegrasi dengan cakupan yang komprehensif; membentuk kesadaran yaitu membuat orang lebih sadar akan alternatif untuk kendaraan melalui penyediaan infromasi dan implementasi rencana perjalanan; mengintegrasikan sebuah transportasi dan kerangka perencanaan penggunaan lahan yaitu memastikan perkembangan transportasi yang terintegrasi dan saling melengkapi perkembangan lain dalam konurbasinya.

Kunci pencapaian dari rencana tersebut diatas bahwa pertumbuhan lalu lintas dibawah 1% selama periode tersebut, penggunaan transportasi umum sebesar 8% , korban kecelakaan dalam hal ini jumlah orang yang meninggal atau mengalami luka berat telah berkurang sebesar 35% dan pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan dilihat dari jumlah orang yang menganggur/tidak bekerja.

LRT-Nottingham EXPRESS Transit (NET) merupakan sistem rel ringan yang dibuka pada Maret 2004 dengan biaya sekitar 200 million poundsterling yang didanai melalui inisiatif keuangan pribadi dan beroperasi pada 14 rute. Hal ini menyebabkan pergeseran modal yang signifikan, -30% dari penumpang ditransfer langsung dari mobil mereka atau menggunakan sistem park-ride.

Salah satu contoh kasus adalah Kota Hachinohe yang berpenduduk sekitar 250.000 jiwa dengan luas 305km2; mobil 65,3%; bus 14,2% dan kereta api 2,1%. Dalam bus program, dibuat revisi rute dan waktu serta emisi kendaraan yang rendah; adanya eco bus untuk siswa sekolah dasar dengan tarif khusus di musim panas, musim semi dan musim liburan, sehingga para siswa merasakan kenyamanan dan menikmati perjalanan menggunakan bus; pengadaan system transit mall yaitu untuk meningkatkan kesibukan di kawasan pusat kota.

Dalam hal ini, kita bisa melihat bahwa EST bukanlah sebuah pendekatan atau konsep baru, tetapi merupakan kombinasi dari berbagai pendekatan. Namun yang terpenting bahwa keberadaan EST bertujuan untuk membuat transportasi menjadi lebih baik bagi kesehatan masyarakat atau ekosistem dan dapat memenuhi kebutuhan untuk akses dalam hal ini adalah mengakses dan mengelola kebutuhan akan transportasi.

***********************************************************

by: imma.w.a.
Design and Planning Laboratory
Sakura-ku, Saitama-shi, Japan
April 15, 2010…

References:

Nottingham City Council and Nottinghamshire County Council,Local Transportation Plan for Great Nottingham 2001/2~2005/6,Delivery Report, 2006.
Hachinohe City, EST project in Hachinohe, EST seminar in Tohoku, 2008.11
http://www.estfukyu.jp/pdf/tohoku4.pdf
Nottingham City, Local Transportation Plan
http://www.nottinghamcity.gov.uk/index.aspx?articleid=848
Local Transport Plan 2008 Delivery Report
http://www.nottinghamcity.gov.uk/index.aspx?articleid=2001

http://en.wikipedia.org/wiki/Nottingham

Tidak ada komentar:

Posting Komentar